17 October 2008

Sekilas tentang Minyak zaitun

Demi buah tin dan buah zaitun
~ Al Quran surah 95:8

Ingat tokoh kartun Popeye yang selalu makan bayam agar tenaganya kuat?

Ada olive Oyl tokoh wanita yang selalu dicintai oleh Popeye dan jadi rebutan dengan Brutus yang jahat. Minyak zaitun dikenal di dunia internasional dengan sebutan Olive oil. Zaitun sendiri berasal dari bahasa Arab. Bahasa Yunani sebutan minyak zaitun adalah eliolado, asal kata elies (zaitun) dan lado (minyak).

Konon pada zaman Nabi Musa. Laki-laki yang menanam pohon zaitun dibebaskan dari kewajiban sebagai tentara. Minyak zaitun adalah simbol kemurnian dan kebaikan, sedangkan ranting zaitun mewakili kedamaian dan kemakmuran. Pohon zaitun tertua ditanam pertama kali di daerah Syria. Kendi (amphorae) tertua ditemukan di pulau Crete daerah wilayah Raja Minos di Yunani dari tahun 3500 sebelum masehi.

Produsen minyak zaitun yang terkenal di dunia adalah Italia. Namun 40% dari jumlah minyak zaitun produksi Italia adalah minyak berasal dari Yunani. Minyak zaitun dari Yunani terkenal kualitasnya yang terbaik, terutama dari Kalamata. Karakter orang Yunani yang menjunjung tinggi kejujuran, membuktikan bahwa minyak zaitun produksi mereka terjamin keasliannya. Asli tanpa campuran minyak lainnya. Miyak zaitun yang dikonsumsi oleh orang Eropa 93% berasal dari Italia, Yunani dan Spanyol.

Penduduk yang paling banyak mengkonsuminya adalah orang Yunani. Mereka perorangan menghabiskan 26 liter minyak zaitun per tahunnya. Itulah sebabnya tiap tahun selalu ditanam pohon zaitun oleh para petani dan pemilik tanah. Daerah penghasil terbaik minyak zaitun adalah Kalamata di bagian Selatan Yunani.

Ciri khas minyak Kalamata adalah dari warnanya yang berwarna hijau daun pekat dan harum wanginya segar. Karena saya telah lama menetap di Yunani sehingga lambat laun dapat mengenali jenis-jenis minyak zaitun. Minyak zaitun yang berasal dari Megara , Kinetta dan daerah sekitar Attikis warnanya hijau lebih terang.

Kualitas minyak zaitun dibedakan berdasarkan tingkatannya oleh IOOC ( Komite Interansional Minyak Zaitun) yang markasnya berada di Spanyol. Amerika tidak masuk dalam IOOC ini.

  1. Extra-virgin olive oil (EVOO) adalah minyak yang dihasilkan dari proses penggilingan dingin. Mengandung tidak lebih 0.8% derajat keasaman, dan dinilai sebagai minyak yang rasanya superior. Extra-virgin dan virgin olive oil tidak dicampur dengan minyak zaitun buatan pabrik. Proses dingin ini saya lihat sendiri di Megara . Buah zaitun dimasukkan dan digiling langsung sehingga menjadi bubur dan dari bubur itu disaring minyaknya. Buah zaitun segar yang baru dipanen harus langsung dibawa ke penggilingan. Kalau tidak akan merusak wangi minyaknya. Delapan kilo buah zaitun berikut bijinya menghasilkan satu kilo minyak extra virgin olive oil. Satu pohon bisa panen 20 kilo hingga 100 kilo buah zaitun. Hasil panen tergantung dari besarnya pohon.
  2. Virgin olive oil derajat keasamannya kurang dari 2%, dan dinilai rasanya sebagai good.
  3. Pure olive oil. Minyak yang labelnya sebagai Pure olive oil atau r Olive oil biasanya campuran minyak yang dibuat di pabrik. Dicampur minyak zaitun virgin atau extra-virgin oil.
  4. Olive oil adalah campuran virgin oil dan minyak pabrik. Rasanya kurang segar dan kurang enak.
  5. Olive-pomace oil adalah minyak yang dibuat dari bekas ampas proses minyak zaitun extra virgin dan virgin. Sangat jarang dijual di pasaran.
  6. Lampante oil adalah minyak zaitun yang dibuat bukan buat dikonsumsi. Dibaut dari minyak zaitun yang sudah kadaluwarsa. Bisanya dibuat sabun dan industri lainnya.

Jika Anda melihat label 100% pure olive oil itu bukanlah kualitas yang baik. Biasanya yang dijual di toko dan supermarket ada yang label virgin. Untuk label Extra Virgin Olive Oil harus ada sertifikat dari IOOC. Jika tidak ada sertifikatnya maka keasliannya tidak dijamin.

Pujangga Yunani Homer menamakan minyak zaitun sebagai emas cair. Banyak manfaat minyak zaitun yang digunakan sehari-hari di Yunani. Biasanya dikonsumsi sebagai campuran salad, olesan roti panggang, campuran sup bayi, obat olesan dan juga masker buat wajah. Masker biasanya yogurth dan extra virgin olive oil yang digunakan. Karena minyaknya langsung diproses sendiri dari hasil panen di perkebunannya. Hampir tiap orang Yunani rata-rata punya pohon zaitun.

Manfaat minyak zaitun antara lain:

  • Kaya vitamin E dan antioksidan
  • Mengurangi tekanan darah tinggi (Reduce blood pressure)
  • Mencegah tumbuhnya sel kanker (Inhibit the growth of some cancers)
  • Berguna bagi penderita diabetes (Benefit people at risk for or with diabetes)
  • Mencegah asma dan artitis (Lessen the severity of asthma and arthritis)
  • Mempertahankan penurunan berat badan (Actually help your body maintain a lower weight )

Cara menyimpan minyak zaitun:

  • Jauhkan dari sinar matahari dan sinar lainnya
  • Tutup rapat minyak zaitun dalam wadah atau botol.
  • Disimpan dalam tempat gelap dan selalu tertutup rapat

Jika tidak disimpan baik maka zat antioksidannya akan berkurang bahkan minyak menjadi rusak.

http://hartatinurwi jaya.blogspot. com/




No comments: